Manfaat dari Meminum Air Teh dengan Benar

Salah satu dari cara gaya hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi air yang cukup untuk tubuh. Karena air itu sangat dibutuhkan oleh manusia, maka berbagai air dibuat sedemikian rupa oleh manusia dengan variasi rasa, warna dan bahkan ada air yang dipermentasikan dengan bahan lain seperti nata de coco, Air kopi, air teh dan lain sebagainya. 
Air teh termasuk salah satu jenis air yang diyakini banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. Bahkan seorang pakar nutrisi Emilia E. Achmadi MS., RD, menyatakan bahwa teh akan bermanfaat untuk tubuh bila diminum setelah diseduh. Ketika sudah terkena air panas, terpapar cahaya dan udara, kandungan antioksidan dalam teh umumnya hanya bertahan selama 45 menit. Lebih dari itu, manfaatnya akan berkurang bahkan hilang. Teh yang telah disimpan di dalam kulkas seharian. Hanya jadi minuman teh saja, tanpa manfaat lain.
Teh paling ideal diminum sendiri tanpa campuran lain, akan terasa kenikmatannya untuk kebugaran dan kesehatan manusia. Namun tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita penyakit maag. Teh pun dapat menghambat penyerapan kalsium dan mineral seperti zat besi. Jadi baiknya minum air putih saja.

Ada pula efek negatif dari mengkonsumsi teh dengan berlebihan. disarankan asupan teh maksimal 2-3 cangkir per hari atau tak lebih dari 500 ml. Sebab teh punya efek diureutik -membuat lebih sering buang air kecil- sehingga berisiko mengakibatkan dehidrasi. Terlebih lagi, teh mengandung kafein yang apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat jantung berdegup lebih kencang. Solusi meminum air teh lebih dari tiga cangkir, harus seimbangkan dengan minum air putih lebih banyak untuk mencegah dehidrasi

Dengan mengkonsumsi air teh dengan benar diyakini para peneliti ahli nutrisi gizi dan makanan akan memberikan dampak selain untuk kebugaran dan kecantikan memberikan manfaat lain sebagai berikut:

Air Teh dapat mengurangi mata lelah
Bagi yang bekerja seharian di depan layar monitor air teh dapat digunakan untuk mengatasi mata bengkak karena capek atau mata tegang karena kelelahan. Caranya cukup rendam dua kantung teh dalam air hangat, kemudian dinginkan, setelah dingin tempatkan kantong teh tersebut di mata anda sekitar 15 menit. Kandungan tanin dalam teh dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada mata anda.

Air Teh dapat Mengurangi sakit pada luka
Dengan mengusapkan kantong teh basah ke daerah yang terkena luka bakar anda dapat mengurangi sengatan dari luka bakar yang anda alami.

Air Teh dapat menghilangkan bekas luka
Jika anda memiliki bekas luka potong akibat pisau cukur ataupun luka bakar, anda dapat menempatkan kantong teh basah pada area yang terluka. Hal ini dapat mengurangi bekas luka pada kulit anda.

Air Teh dapat dijadikan obat kumur
Siapa yang tidak ingin mulut bebas bau? Teh bisa menjadi obat kumur yang cukup efektif. Kumur mulut anda dengan teh beraroma peppermint, atau bisa juga dengan teh lainnya yang dicampur dengan garam.

Air Teh Membuat Indah Kaki Anda
Untuk mereka yang sering memanjakan kakinya, rendam kaki anda dengan teh Chamomile dicampur dengan garam Epsom, hal ini dapat membuat kaki anda lebih indah.

Demikian manfaat dari meminum air teh dengan benar untuk kecantikan, kebugaran dan mengobati penyakit ringan dengan cara menjaga daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat.
Baca pula artikel lain tentang menu sehat makanan untuk buka puasa