Catatan Penting

Tinggal menghitung hari pada hari ini 11/04 13 saya mengikuti santiaji pengawas ruang Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat. Kegiatan itu menjadi kegiatan rutin tahunan, menjadi salah satu agenda pribadiku. Tetapi suasana itu selalu berbeda setiap tahunnya, ini disebabkan karena kebijakan dari pusat tentang Ujian Nasional ini senantiasa berubah.
Ujian Nasional di tahun ini tahun ajaran 2012/213 teknis pelaksanaannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana Soal dan LJUN dikabarkan akan bersatu dan pengawas ruang bertanggung-jawab memisahkan keduanya setelah para peserta mengisi identitas mereka secara lengkat. Disarankan katanya : para pengawas membawa gunting atau cutter untuk memisahkan keduanya itu. --ribet alias rudet--
Para pimpinan setingkat Kelompok Kerja Madrasah/sekolah, juga para penyelenggara pendidikan / Para sekolah semuanya ditekankan oleh atasannya untuk bisa mensukseskan program Ujian Nasional ini dengan target minimal 100 persen lulus. Pengawasan pelaksanaannya oleh pihak Perguruan TInggi dan Polisi, mereka yang bertanggung-jawab membawa dan mengantarkan dokumen rahasia tersebut ke ruang ujian, dan Pengawas Ruang menyerahkan hasilnya kepada mereka berdua ; polisi dan perguruan tinggi, tanpa melalui tangan panitia penyelenggara. Akibatnya seolah terkesan diperbolehkan adanya koordinasi hitam diantara semua elemen tersebut agar proses pelaksanaannya berjalan lancar dan hasil ujian LULUS semua.

Hari ini saya baca : Kiat Meningkatkan Memori Ingatan
Tips Memahami Masalah